Tips & Trick Engine, Transmission Tentang Modern Vespa

Rabu, 04 Maret 2015


Agan2 sekalian...td malem sy meluangkan waktu bbrp jam khusus untuk baca2 informasi dr bbrp sumber di internet ttg oli motor dan oli mobil.

Penjelasan2 mengenai apakah oli mobil bisa di aplikasikan di mesin motor, perbedaan sertifikasi JASO-MA dan JASO-MB, penjelasan lebih lanjut mengenai JASO-MA1 dan JASO-MA2, perbedaan pada sertifikasi API.

IMHO...sy mendapatkan sedikit kesimpulan dr bbrp sumber yg sy dapat dr internet sbb:

1. Oli mesin tdk dianjurkan untuk di aplikasikan pada mesin motor alasan utamanya krn pada oli mobil lebih banyak mengandung chemical yg berfungsi sebagai friction modifier. Friction modifier dlm jumlah tinggi ini sgt tidak bersahabat dgn mesin motor yg bekerja jauh lebih keras (kira2 4-5 kali) dr mesin mobil, putaran rpm mesin motor juah lebih tinggi dr mesin mobil.

2. JASO-MB merupakan oli untuk mesin motor yg koplingnya tdk terendam oli alias kering, tetapi masuk kategori low friction oil

3. JASO-MA merupakan oli motor high friction yg kemudian pd tahun 2006 oleh JASO jepang di bagi lg dalm 2 sub kategori, dlm 2 speks baru ini ditambahkan zat phosphorous yg juga sbg zat anti wear tetapi yg plg penting adalah oli ini sangat bersahabat dgn Catalytic Converter yg ada pada vespa kita dan motor lain nya. Penggunaan Catalytic Converter secara umum mulai di gunakan oleh motor2 keluaran 2007 keatas, yg berguna untuk menekan polusi dr gas buang.
- JASO-MA1 ( lower friction oil dlm kelompok JASO-MA)
- JASO-MA2 (higher friction oil dlm kelompok JASO-MA)

Dari keterangan di sumber2 tsb...IMHO sy dapat menerima mengapa Piaggio menganjurkan oli speks JASO-MA...bahkan sekarang sudah disempurnakan dgn JASA-MA2 dgn bbrp kemungkinan alasan berikut:

1. Mesin Vespa adlah jenis mesin scooter yg bekerja pada putaran lebih tinggi ato bekerja lebih keras, dan menggunakan Catalytic Converter yg dibutuhkan sbgai salah satu sarat lulus emisi EURO 3, disamping juga membutuhkan teknologi injeksi.

2. JASO-MA2 umumnya juga mendapat sertifikasi API SL. yg dimana pd sertifikasi ini oli di tambahkan chemical ato zat2 yg dibutuhkan untuk kompatibel ato tdk merusak Catalytic Converter.

3. Dianjurkan nya penggunaan JASO-MA2 di banding kan JASO MB...krn dibutuhkan untuk mesin dgn kinerja lebih tinggi dgn tingkat beban kerja atau tingkat stress mesin lebih tinggi seperti vespa kita...walopun di vespa kita kopling kering.

agan2 skalin ini sy lampirkan sumbernya...sapa tau aja ada yg mo membaca, mohon maaf klo pendapat ane salah...klo salah mohon di koreksi atau di tambahkan.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar