Info / Panduan tentang Membeli Vespa Baru/Second

Rabu, 04 Maret 2015

Saya mau kasih panduan untuk agan2 yg mau beli Vespa 2nd, tp masih awam ttg Vespa Modern

Tahun pembuatan yg yahud sebenernya adalah 2011 bln September-November, krn pada tahun tsb, Vespa LX Viet banyak yg “kecolongan” pake As besar pada As Kopling dan kopling nya.
Cara bedain nya agak sulit klo gak dibongkar CVT. Jd ya untung2an lah.

Harga LX 150ie 2V Thn 2011-2013 berkisar antara 17-21jt. Tengantung kondisi dan situasi (udah full aksesoris apa masih polosan)
Harga LX125 ya dibawah itu, beda2 1-2jt
Harga LX 150ie 3V berkisar 19-22jt. (kok beda dikit gan? Mendingan 3V dong??) Yap, 3V lately kurang diminati bagi sebagian besar org yg tau mesin di dunia per LX an, krn 3V injector nya ringkih, mudah patah, konon gegara bertubrukan dgn ember bagasi pada saat hajar lubang atau poldur. Tp ada bbrpa kasus yg gak lg hajar lobang dll, tau2 patah aja tuh injectornya. Makanya yg dah pd tau mesin, prefer pilih 2V. Varian racing parts dan aksesoris mesin aftermarket nya jg lbh banyak 2V. klo 3V terbatas gan. Tapi bukan berarti 3V itu jelek lho yah...
Oiya LX 150ie 2V thn pembuatan awal 2013 jg ringkih kok ie nya. Jd klo bs mendingan cari 2012 akhir kebawah, sukur2 dapet 2011 yg low KM

Liat odometernya, cari yg serendah mungkin, mtr gak capek.
Cek ban nya. udah pernah ganti apa belom. low KM klo ban dah ganti mah percuma, bs aja tuh speedo gak dikonekin buat wkt yg lama, pas dijual baru di connect (pengalaman pribadi )
cek service record nya, di BeRes oke, di bengkel2 yg ada di pejwan oke jg. Lalu trace deh ke bengkel tsb, tanya ke mekanik nya, mtrnya bener masih bagus apa gak (cara ini ribet sih, tp lbh pasti dpt jawaban bener nya )

Bagian body:
cek body keseluruhan, lurus gak nat2 nya, ada bekas repaint gak? cek di pinggir list, sambungan body, lampu sein/lampu2, ada bekas cipratan cat gak? klo ada, bekas repaint berarti
Buka jok, buka ember, cek body bagian dalam, ada bekas penyok gak? Biasanya klo dr luar bs ketipu klo bekas jatuh,krn bag luar pasti di dempul rapi, klo bagian dalam khan pasti hanya diketok2 seperlu nya, jd bs ketahuan klo di cek dr dalam.

Cek engine bay, berdebu gak? klo berdebu kering, mesin berarti gk ada yg bocor2 aneh. klo mesin gak berdebu, teliti lbh dalam, raba2 klo perlu, tangan meninggalkan noda oli/minyak gak?

Test mesin:
Nyalain Vespa nya, gampang nyala gak? (gampang nyala = oke)
Langsung coba test ride aja, buka gas dalem2, responsif gak? (responsif = oke)
Pas buka gas dadakan, mesin nglitik gak? (nglitik = gak oke, mungkin pake bensin oktan rendah, atau blok dah banyak berkerak) *not a big thing sih, tp klo dpt yg gak nglitik khan lbh oke.

Perhatiin ujung knalpot, colek pake tangan, kering/basah. Klo kering oke, klo basah berarti ada kebocoran di ruang mesin, jd oli mesin ikut kebakar. (bisa dari ring piston, seal klep,dll). Coba gas buang knalpot dihirup dikit2 aja, klo bau nya spt cat tembok kebakar dan tak berasap, berarti pembakaran oke.

Test ride lepas tangan, msh lurus gak jalan nya, jgn sampe ngebuang kiri-kakan (klo ngebuang = pernah jatuh)
Cek ban depan, kembang ban nya makan rata atau makan sebelah. klo makan sebelah kemungkinan mtr pernah nabrak atau jatuh

Cek ujung spion, ujung handle rem sama ujung hand grip kiri-kanan, ada bekas baretan atatu lecet gak, klo ada berarti pernah jatuh. Cek seberapa parah, klo baret tipis2, wajar lah, mgkin kegesek di parkiran jg bisa.

Cek kelistrikan:
klakson nyalain, lampu senja, lampu HL, lampu sien kiri-kanan, lampu rem blkg,lampu senja blkg, lampu speedometer belakang. Lampu speedometer, jam di speedometer. Harus nyala semua. Klo gak nyala, cek apa bohlam nya putus/gak. Klo Cuma putus aja, okelah gpp. Klo gak putus tp gak nyala, mending orang nya suruh betulin dulu, baru deh re-transaksi.

Cek Kelengkapan: Kunci biru, kunci coklat (harusss ada!), manual book, buku servis, tool kit standar

Vespa Modern Vietnam ada beberapa Varian:
1. LX125-150ie 2V/3V
2. LXV 150ie 3V (pasaran 22jt up)
3. Vespa S 150 ie 2V/3V (pasaran 19jt up)
4. Vespa GTS 250ie (pasaran 51jt up)

Untuk varian Piaggio by Vietnam ada bbrpa varian:
1. Zip 100 (pasaran 10jt up)
2. Liberty 100ie/150ie (pasaran 14jt up / 16-19jt)
3. MP3 Yourban 125ie (pasaran 83jt-95jt)


Sekian panduan dari saya, klo ada pertanyaan lbh lanjut bs PM saya lsg, feel free to contact me
Semoga bermanfaat 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Gan ada kontak yang bisa dihubungi gak? Mau menawarkan sesuatu gan, saya serius yah gan. Makasih

Unknown mengatakan...

Gan saya udh tes bawa vespa LX 150 3V, pas ngegas itu body bergetar, itu lumrah ga? Padahal body dan lain lain mulus semua

Posting Komentar